Rabu, 13 April 2011

Teori Kontruktivisme

1. Tokoh teori kontruktivisme adalah jean Piaget dan Vygotski

2. Ahli kontruktivisme menyatakan bahwa manusia membentuk versi mereka sendiri terhadap kenyataan, mereka mengadakan beragam cara untuk mengetahui dan menggambarkansuatu untuk mempelajari pemerolehan bahasa pertama dan kedua.

3. Pembelajaran harus dibangun secara aktif oleh pembelajar itu sendiri dari pada dijelaskan secara rinci oleh orang lain. (pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman)

4. Dalam membangun pengalamn siswa harus memiliki kesempatan untuk mengungkapkan pikirannya, menguji ide-ide tersebut melalui eksperimen dan percakapan atau tanya jawab, serta untuk mengamati dan membandingkan fenomena yang sedang diujikan dengan aspek lain dalam kehidupan mereka.

5. Peran guru adalah memdorong siswa untuk memperhatikan seluruh proses pembelajaran seta menawarkan berbagai cara eksplorasi dan pendekatan.

6. Penjelasan mendetail dari guru belum tentu mencerminkan pengalaman siswa mengerti kata-kata- ilmiahnya, tetapi tidak memberi konsep. Namun jika siswa telah mencobanya sendiri, maka pemahaman yang didapat tidak hanya berupa kata-kata saja, namun berupa konsep.

7. Dalam rangka kerjany, alhi konstrukstif menangtang guru-guru untuk menciptakan lingkungan yang inovatif dengan melibatkan guru dan pelajar untuk memikirkan dan mengoreksi pembelajaran.

*Syarat Pembelajaran dengan teori Kontruktivisme

- Pembelajar harus berperan aktif dalam menyeleksi, dan menetapkan kegiatan sehingga menarik dan memotivasi pelajar (guru hanya sebagai mediator, fasilitator, dan teman yang membuat situasi kondusif)

- Harus ada guru yang tepat untuk membantu pelajar-pelajar untuk membuat konsep-konsep, nilai-nilai skema, dan kemampuan memecahkan masalah (skema: struktur mental/ kognitif yang secara intertekstual digunakan untuk adaptasi dan mengkoordinasi lingkungan sekitar.

*Impilikasi Teori Kontruktivisme

- Pendidikan yang optimal membutuhkan pengalaman yang matang bagi pembelajar sehingga proses asimilasi dan akomodasi penghasilkan perkembangan intelektual.

- Pembelajar Kontruktivisme tidak berupa hafalan, tetapi bersifat temuan dan dikontruksikan oleh siswa.

- Penerapan dalam ekspository teaching
1. Penyampaian organisasi awal
2. Penyampaian tugas belajar
3.  Penguatan Kognitif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar