Rabu, 11 Mei 2011

Ciri-ciri Pendekatan Komunikatif

  1. Fokus pembelajaran: bahasa sebagai alat komunikatif.
  2. Pemilihan Abutir kebahasaan: berdasarkan kebuthan pembelajar.
  3. Pengurutan butir kebahasaan: berdasarkan latar yang lain.
  4. Lingkup: hanya yang diingingkan dan dianggap penting oleh pembelajar.
  5. Pandangan tentang bahasa: dalam berbagai komunikasi variasi yang ditentukan konteks komunikasi.
  6. Tipe bahasa yang digunakan: bahasa sehari-hari.
  7. Ukuran keberhasilan: dapat berkomunikasi secara efektif dalam konteks.
  8. Keterampilan bahasa yang diinginkan: bahasa untuk komunikasi lesan.
  9. Peran guru/siswa: peran siswa lebih dominan dari pada peran guru.
  10. Sikap tehadap kesalahan: dipahami sebagai hal yang manusiawi dapat diambil sebagai pelajaran , belajar dari kesalahan.
  11. kemiripan dengan pembelajaran bahasa alamiah: mirip dengan proses. 


Konsep pembelajaran komunikatif
  • Berlandas pada pemikiran bahwa kemampuan menggunakan bahasa dalam berkomunikasi merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa.
  • Canala & Swain:, kompetensi komunikasi berdimensi majemuk, karena didalamnya terdapat kompetensi gramatikal, sosiolinguistik, wacana dan strategi.
  • Kompetensi gramatikal mengacu pada kompetensi linguistik yang mancakup tata bentuk.

Pendekatan-Metode-Teknik-Strategi

Pendekatan (approach) adalah suatu landasan filosofis atau konsep teori yang dipakai sebagai dasar untuk menerapkan pembelajaran bahasa dalam rangka mencapai kompetensi pembelajaran sesuai dengan konsep teori. Pendekatan tersebut antara lain:
  • Pendekatan Tradisional
  • Pendekatan Struktural
  • Pendekatan Oral
  • Pendekatan Kognitif
  • Pendekatan Komunikatif
Metode adalah seuatu cara dalam melaksanakan pembelajaran bahasa yang dirancang secara sistematik untuk memperoleh kompetensi secara efektif dan efisiens, metode merupakan bentuk poperasional dari pendekatan yang telah dipilih. Metode tersebut diantaranya:
  • Metode lansung
  • Metode Terjemahan
  • Metode Tata Bahasa
  • Metode Bahasa Terjemah
  • Metode Kognitif
  • Metode Baru
Teknik/Teknik penyampaian adalah suatu cara penyampaian materi pembelajaran yang dipakai dengan tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran tepat sasaran. diantara teknik itu adalah:
  • Teknik Ceramah
  • Teknik Tanya Jawab
  • Teknik Pemberian Tugas

Strategi adalah suatu cara mencapai suatu kompetensi secara optimal dengan memanfaatkan segala potensi dan situasi yang berbeda. strategi itu adalah:
  • Strategi Belajar Mandiri
  • Strategi Kerja-Kaji-Ajar
  • Strategi Latihan Praktik
  • Trategi Pemecahan Masalah