Rabu, 13 April 2011

Teori Belajar Behaviour

(Tingkah laku/stimulus dan respon)
Konsep dasar pandangan Behaviour

1. Behaviour adalah adalah pandangan yang menyatakan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati, bukan dengan proses mental (santrock, 2007:226)

2. proses berbahasa maerupakan proses interaksi antara stimulus respon.

3. seseorang dianggap sudah belajar apabila dalam dirinya muncul perubahan prilaku baru (anak belum belajar menulis apabila belum dapat mempraktikkan langkah-langkah menulis).

4. fokus Behavioristik adalah input dan output. input berupa stimulus contoh teori menulis, teori pidato, sementara output (tanggapan/respon) contohnya siswa mampu mempraktikkan pidato, menulis karya ilmiah atau lain yang dapat diukur.

5. bahasa merupakan faktor kebiasaan/habit

6. menyangkal adanya kemampuan bawaan

7. proses belajar bahasa melalui trial & eror, mengingat, menirukan dan menganalogikan

8. pelatihan berbahsa dilakukan dengan drill & practice

9. reinforcement (penguatan) baik positif maupun negatif sangat diperlukan oleh anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar