Rabu, 13 April 2011

Teori Humanisme

Teori Humanisme

1.  teori ini muncul diilhami oleh perkembangan dalam psikologi yaitu psikologi humanisme
2. teori humanisme dalam pengajaran bahasa pernah diimplementasikan dalam sebuah kurikulum pengajaran bahasa dengan istilah humanistic curriculum yang diterapkan di Amerika utara di akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an.
3. kurikulum ini menekankan pada pembagian pengawasan dan tanggungjawab bersama antar seluruh siswa didik.
4.  humanistic curiculum:
-   prakteknya dalam dunia pendidikan yaitu dengan menggunakan pengembangan koknitif siswa.

Tujuan teori Humasnisme menurut Coombs (1981)

1.  pengajaran disusun berdasarkan kebetuhan-kebutuhan dan tujuan siswa progam pengajaran diarahkan agar siswa mampu menciptakan pengalaman sendiri berdasarkan kebutuhannya, hal ini dilakukan untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

2. memberi kesempatan kepada siswa untuk mengaktualisasikan dirinya dan untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya.

3.   pengajaran disusun untuk memperoleh ketrampilan dasar (akademik, pribadi, atar pribadi, komunikasi, dan ekonomi) berdasarkan kebutuhan masing-masing siswa.

4.    memilih dan memutuskan aktivitas pengajaran secara individual dan mampu mnerapkannya.

5. mengembangkan tanggungjawab siswa, mengembangkan sikap tulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar