Rabu, 13 April 2011

Kompetensi Guru

* Penguasaan bahan.
* Pengelolaan program.
* Pengelolaan kelas.
* Penggunaan media/sumber pembelajaran.
* Landasan pendidikan.
* Pengelolaan interaksi belajar mengajar.
* Penilaian prestasi siswa.
* Penyelenggaran administrasi sekolah.
* Pengenalan fungsi dan layanan bimbingan konseling.
* Pemahaman prinsip dan hasil penilaian pendidikan.

Komponen Dasar Mengajar

* Keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
* Keterampilan menjelaskan.
* Ketereampilan bertanya.
* Keterampilan memberi penguatan.
* Keterampilan menggunakan media pembelajaran.
* Keretampilan membimbing diskusi kolompok kecil
* Keterampilan mengelola kelas.
* Keterampilan mengadakan variasi.
* Keterampilan mengajar perorangan dan kelompok kecil.

Konsep Dasar Mengajar
Proses pengajaran berorientasi pada guru (teacher centered) mengajar sebagai proses penyampaian meteri pembelajaran proses mengajar berpusat pada siswa (student centered) mengajar sebagai proses mengatur lingkungan.

* Teacher Centered
- Siswa sebagai objek belajar.
- Kegiatan pengajaran terjadinya pada tempat dan waktu tertentu.
- Tujuan utama pengajaran adalah penguasaan materi pembelajaran.

* Student Centered
- Mengemukakan tugas dan batas-batas tugas.
- Mengajukan pertanyaan pertanyaan/pretest.
- Menyarankan langkah-langkah yang harus ditempuh siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Keterampilan Menutup Pelajaran
Kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran kegiatan mengucapkan salam dan mengisi daftar hadir tidak termasuk menutup pelajaran. Cara yang dilakukan dengan meninjau kembali penguasaan inti pembelajaran dan pengevaluasi.

Cara Mengevaluasi/Postest
- Mendemonstrasikan keterampilan
- Mengaplikasikan ide baru
- Mengekspesikan pendapat siswa sendiri
- Memberi soal-soal baik lesan maupun tulisan
- Pengayaan tugas, mandiri maupun tugas terstruktur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar