Minggu, 10 April 2011

Analisis artikel "“Guru Perlu Inovasi Mengajar”

1. Ide pokok: Tugas guru ke depan tak hanya mengajar, malainkan juga sebagai inovator pembelajaran.
§  Penjelas : Guru sebagai transfer of knowledge? kalau demikian maka fokus pengajaran monoton kurang diminati  para siswa. 

1.      2.  Ide pokok : Dalam proses belajar-mengajar , guru semua mata pelajaran (Bahasa Indonesia) dituntut untuk inovatif
§  Penjelas : Hal itu mencakup beberapa hal, seperti bahan ajar, sarana belajar dan sebagainya. Dengan begitu, proses belajar mengajar dikelas akan menjadi menarik, dinamis dan tidak membuat siswa bosan atau mengantuk sehinggah siswa makin giat dan senang belajar di kelas.

3. Ide pokok :Mencari sosok guru yang inovatif dalam pembelajarannya dikelas tidak semudah membalikkan telapak tangan.
§  Penjelas : Umumnya guru-guru nyaman mengajar dengan gaya khotip, yaitu berceramah siswa diminta mendengarkan bai-baik, sementara sang guru sibuk menyampaikan seraya membuka-buka materi ajarnya.

4. Ide pokok : Guru ada keperluan keluar siswa hanya ditinggalkan dan disuruh mengerjakan LKS.
§  Penjelas : LKS benar-benar menjadi bahan kerjaan siswa agar tidak ribut di kelas atau siswa main diluar kelas, kalau begini kondisinya lantas apa yang bisa kita harapkan dari para siswa.




5.  Ide pokok : Guru perlu berfikir dan bertindak inovatif dalam proses belajar –mengajar dikelas.
§  Penjelas : Pak Sutrisno (Guru SMP 1 Tebus Burki) pernah membuat permainan peran dengan  model Samson-Delaila, atau pak Nurachmat (Guru SMA 8Yogya) pernah merintis pengajaran kreatif bagi siswa-siswanya.

6. Ide pokok : Guru perlu berfikir dan bertindak inofatif dalam pembelajarannya dan terus mengevaluasi diri.
§  Ide pokok : Sebagai guru mungkin kita bisa meniru dan bahkan mengembangkan ide-ide kedua guru yang telah dipaparkan, bila harus meniru toh kita perlu sesuaikan dengan gaya dan minat kita dalam mengajar, namun semua itu butuh proses.

7. Ide pokok : Agar para guru dapat terampil menjadi sosok inovator maka seoarang guru harus sering membaca.
§  Ide pokok : Seorang guru yang senang menulis, membaca dan berdiskusi umumnya dapat bersikap inovatif dalam pembelajarannya dikelas itu disebabkan karena dirinya selalu mengikuti informasi terbaru dan terutama selalu berfkir kreatif dari situlah menurut penulis, serta ide-ide inovatif dan kreatif  seta menantang akan muncul.


Makna yang tersirat dalam artikel ini

v  Banyak guru-guru dimasyarakat sekarang ini kurang mengetahui cara mengajar secara baik dan efektif, para guru banyak menggunakan metode pengajaran yang monoton sehinggah para siswa pun akan merasa jenuh dan siswa pun kurang merasa ada ketertarikan dengan materi yang disampaikan guru.

v  Guru harus mempunyai imajinasi tinggi untuk mampu menarik minat belajar para siswa supaya suka akan pengajarannya serta suka dengan penyaian matereri yang diberikan guru, guru pun juga harus mementingkan keperluan anak didiknya atau pun juga sebai hak seorang siswa, dan tidak memproitaskan kepentingan pribadinyasehinggah siswa pun akan dirugikan yang diantaranya adalah banyaknya tugas yang diberiakan oleh para gurunya sedangkan materinya belum disampaikan.

v  Saat ini  para guru dituntut untuk lebih bersikap kreatif dan tidak hanya mementingkan diri sendiri guru harus mempunyai cara yang efektif dalam pengajarannya.

Pendapat saya tentang artikel ”guru perlu inovatif mengajar”

Artikel ini cukup menarik terutama dalam segi pembahasannya karena artikel ini menjelaskan tentang apa peran seorang guru dan tugas serta kewajibannya. Dan juga artikel ini banyak menjelaskan hal-hal yang kurang baik yang terjadi pada kenyataan dimasyarakat, terutama disekolah tentang proses belajar dan mengajar yang baik, artikel ini juga turuty memotifasi para guru untuk bisa lebih baik dan lebih bertanggung jawab dalma tugasnya sebagai guru, artikel seperti inilah yang harus dipahami dan dibaca oleh seorang pengajar yang baik , yang akan berusaha mengemas pengajarannya secara inovatif dan lebih tepat.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar