Minggu, 10 April 2011

Siapa Guru itu, dan apa peranannya? (pengertian pendididkan)

Siapa Guru itu?

Menurut undang-undang Guru dan Dosen:
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anal usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Pendidik adalah orang dewasa yang bertanggungjawab memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam perkembangan jasmani maupun rohaninya agar mencapai tingkat kedewasaan (maupun berdiri sendiri) memenuhi tugasnya sebagai mahluk Tuhan. mahluk individu yang mandiri dan mahluk sosial.

1. Pendidik kodratnya yaitu orang tua.
2. Pendidik karena jawbatan adalah guru.
3. Pendidik yang lain
a. pemimpin program pelajar
b. pemimpin program latihan
c. pemimpin masyarakat/organisasi

Dua unsur dasar dalam mendidik:
1. kasih sayang
2. kesadaran bertanggungjawab menentukan perkembangan anak, yang penting bagi pendidik adalah memiliki KEWIBAWAAN (kekuasaan batin pendidik)

Kewibawaan justru merupakan suatu pancaran batin yang dapat menimbulkan kepada pihak lain, sikap untuk mengakui, menerima dan menuruti dengan penuh pengertianatas kekuasaan.
Kewibawaan timbul jika seseorang sudah dewasa baik jasmani maupun rohani, dewasa rohani bila individu telah memiliki cita-cita hidup dan pandangan hidup yang tetap ( nampak dalam tingkah laku dan perbuatan)

Mengapa seorang pendidik harus mempunyai kewibawaan?

Karena peserta didik atau anak membutuhkan sesuatu perlindungan bantuan, bimbingan dan pendidik berseedia dengan rela memenuhinya

Bagaimana memelihara kewibawaan?

1. dengan kepercayaan
2. degan kasih sayang
3. dengan kemampuan mendidik

Hakikat pendidik

1. Pendidik sebagai agen pembaruan, artinya ide-ide pembaruan itu dapat disebarluaskan oleh pendidik dan     lebih jauh bagi pendidik adalah sumber dari ide-ide pembaharuan.
2. Pendidik adalah pemimpin dan pendukung nilai-nilai masyarakat, maksudnya pendidik itu harus lebih dahulu menjadi orang yang menghayati dan mengenalkan nilai-nilai masyarakat. lebih jauh lagu pendidik dapat diharapkan dapat menlanjutkan nilai-nilai tersebut kepada subjek didiknya, dan masyarakat pada umumnya.
3. Pendidik sebagai fasilitator memungkinkan terciptanya kodisi  yang baik bagi peserta didik untuk belajar. misalnya dalam proses belajar megajar peserta didik yang aktif belajar, peranan pendidik  menyediakan sumber bahan dan media yang diperlukan dalam kegiatan tersebut.
4. Pendidik bertanggungjawab atas tercapainya hasil balajar siswa peserta didik.
5. Pendidik dituntut untuk menjadi contoh dalam pengelolaan proses belajar-mengajar khususnya bagi calon guru yang menjadi peserta didik.

Peranan Pendidik/Guru
1. sebagai komunikator
2. sebagai fasilitator
3. sebagai motivator
4. sebagai administator

Peran pendidik menurut Ki Hajar Dewantara
1. (jika didepan menjadi contoh)
2. )jika ditengah membangun hasrat untuk belajar)
3. (jika ada dibelakang memberi dorongan)






Hakikat peserta didik
Adapun hakikat perserta didik sebagai berikut:
a. peserta didik adalah pribadi yang sedang berkembang.
b. peserta didik bertanggungjawab atas pendidikannya sendiri sesuai dengan wawasan pendidikan seumur hidup.
c. peserta didik adalah pribadi yang memiliki potensi, baik fisik maupun psikologisyang bebeda-beda sehingga masing-masing merupakan insan yang unik.
d. peserta didik memerlukan pembinaan individual dan perlakuan yang manusiawi.
e. peserta didik pada dasarnya merupakan insan yang aktif menghadapi lingkungan.
f. peserta didik memiliki kemampuan untuk mandiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar