1. Apa yang dimaksud dengan belajar menurut beberapa ahli dan apa yang menjadi ciri-ciri belajar serta bagaimana menurut Anda belajar dalam pandangan islam?
Belajar menurut para ahli:
v Pelaku atau Guru sebagai pelaku didik sedangkan siswa sebagai pebelajar disi akan terjadi proses ketertariakan siswa dengan kejadian yang tidak seperti biasanya,pertanyaan atau perubahan stimulus. v Tujuandari pembelajaran adalah memberi tahu siswa mengenai tujuan belajar. v Proses terjadinya pembelajaran adalah Merangsang siswa agar mengigat kembali hasil belajar sebelumnya. v Tempat terjadinya pembelajaran Menyajikan stimulus yang jelas sifatnya atau metode yang tepat v Dalam pembelajaran perlu membutuhkan waktu sehingga akan Memberikan bimbingan belajar. v Syarat terjadinya pembelajaran adalah munculnya perbuatan siswa. v Dilihat dari ukuran keberhasilan pembelajaran adlah memnerikan balikan informative. v Manfaat dari pembelajaran adalah bisa menilai perbuatan siswa. v Hasil yang akan dicapai dari pembelajaran akan menigkatkan retensi dan alih belajar.
Tugas dan kedudukan guru pada undang-undang guru:
Belajar menurut para ahli:
v Menurut Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu prilaku, pada saat orang belajar, maka responsnya menjadi lebih baik, dan sebaliknya bila ia tidak belajar maka responsnya akan menjadi menurun.
v Menurut Gegne balajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar berupa kapabilitas, setah belajar orang akan memiliki ketrampilan ,pengetahuan, sikap, dan nilai.
v Menurut Piaget pengetahuan dibentuk oleh individu. Sebab individu melakukan interaksi terus menerus dengan lingkungan. Lingkungan tersebut mengalami perubahan. dengan adanya interaksi dengan lingkungan maka fungsi intelek
Ciri-ciri belajar
v Pelaku belajar adalah siswa yang bertindak belajar atau pebelajar
v Tujuannya untuk memperoleh hasil belajar dan pengalaman hidup.
v Prosesnyaterjadinya berada pada diri pebelajar
v Tempat berlangsungnya belajar berada di sembarang tempat
v Tidak ada waktu untuk tidak belajar yaitu sepanjang hayat manusia itu.
v Syarat terjadinya belajar adalah adanya motivasi kuat
v Tingkat ukuran keberhasilan belajar seseorang dapat dapat dilihat dari bisa memecahkan masalah dan terjadinya perubahan positif
v Manfaat yang di memperoleh bagi pelajar atau mempertinggi martabat pribadi
v Hasil belajar sebagai dampak pengajaran dan pengiring.
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pembelajaran dan apa ciri-ciri pembelajaran
Pembelajaran merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa itu sendiri.jadi pembelajaran adalah proses timbal balik antara pengajar dan yang diajar (siswa).
3. Jelaskan apa perbedaan dengan pembelajaran
§ Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang sifatnya menyeluruh meliputi, sebabai berikut: kognitif (pengetahuan), afektif (sikap: menitu, menyambut, menghagai, mengapresiasi, penghayata, dan psikonotorik (keterampilan mekanik).
§ Sedangkan pembelajaran adalah hal membelajarkan sesuatu kepada siswa, hakekatnya pembelajaran merupakan belajar membelajarkan sesuatu kepada siswa dengan kata lain pembelajaran itu pembelajaran itu dimaknai dengan belajar-mengajar.
4. Bagaimana teori belajar yang dikemukakan oleh Skinner dan Tigiet serta bagaimanakah penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
Konsep-konsep yang digunakan oleh Skinner dapat menjelaskan konsep belajar secara sederhana, tapi dapat menunjukkan konsepnya tentang belajar secara lebih komprehensif, hhubungan antara stimulus dan respon yang terjadi melalui interaksi dalam lingkungannya,yang kemudian akan menimbulkan perubahan tingkah laku,
Konsep – konsep yang digunakan oleh Tigiet adalah bahwa pengetahuan dibentuk oleh individu. Sebab individu melakukan interaksi terus-menerus dengan lingkungan. Lingkungn tersebut mengalami perubahan. Dengan adanya interaksi dengan lingkungan maka fungsi intelek semakin berkembang.
· Penerapannya secara kongkrit dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
Penerapan kongkrit dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah menjadikan setiap individu tersebut mencari hal-hal yang baru dari lingkungannya terus-menerus dalam proses belajar, lalu kita gabungkan dalam dan serta untuk mengembangkan imajinasi dan bakat melalui proses belajar bahasa Indonesia melalui pendidik di lingkungan pendidikan. Agar proses belajarnya dapat berjalan melalui filterlisasi oleh pendidik.
5. Jelaskan apa saja komponen-komponen pembelajaran bahasa Indonesia
Siswa
· Guru,sebagai pengajar atau pemberi materi pembelajaran kepada siswa atau guru sebagai subjek siswa karena berhubungan langsung dengan siswa.Dan guru disini juga sebagai salah satu sumber ilmu yang di dapat siswa khusunya pemelajaran bahasa Indonesia.
· Siswa,Siswa adalah sebagai pencari dan penerima pemelajaran dari guru,Siswa adalah sebagai pengonsumsi atau seseorang yang membutuhkan ilmu dari pemblejaran bahasa Indonesia
· Kurikulum,adalah system atau dasar suatu pembelajara atau juga peraturan dalam pembelajaran yang harus di capai dalam suatu pembelajaran.
· Metode,adalah cara untuk memberikan pengajaran kepada siswa,agar pebelajaran itu dapat di terima.
· Tujuan,adalah keinginan,atau cita-cita yang ingin di capai dalam pembelajaran itu,atau target pembelajaran.
· Materi,adalah isi dari pembelajaran yang di sampaikan ke pada siswa tersebut.
· Evaluasi,adalah kegiatan melatih atau melihat sampai dimana kemampuan siswa itu sendiri.
· Waktu,adalah berapa lama yang digunakan dalam pembelajaran,atau perjalanan pembelajaran itu.
6. Jelaskan kedudukan guru dan siswa dalam pembelajan! Dan bagaimana tugas guru dalam Undang-undang guru.
Kedudukan guru :
· Guru mempunyai tugas sebagai fasilitator yaitu sebagai pembelajaran dalam proses belajar pembelajaran.
· Guru sebagai pendidik melakukan proses pembelajaran. Memproses dan membuat konsep pembelajaran tersebut dilakukan berdasarkan kurikulum yang berlaku kurikulum, dan menyusun desain intruksional untuk membelajarkan siswa, menyelengarakan kegiatan belajar mengajar, bertindak mengajar dikelas dengan maksud membelajarkan siswa.
· Guru sebagai evaluator yaitu sebagai evaluasi setiap akhir kegiatan proses pebelajar melalui ulangan atau ujian atau sebagainya.
· Guru sebagai sumber belajar dalam transfer belajar ilmu bagi siswa didiknya dalam proses pembelajaran.
· Guru sebagai menejer kelas yaitu pengorganisasian keadaan kelas.
Kedudukan siswa :
· siswa sebagai siswa yang didiknya harus siap menerima meteri dari pendidik untuk ketercapaian proses belajar.
· Siswa yang mengikuti proses pembelajaran harus bisa mengalami perkembangan dari hasil pembelajaran.
· Siswa yang menjadi acuan subjek yang melakukan sebagai tindakan yaitu aktif secara alami dan langsung dalam proses pembelajaran.
Kedudukan dan tugas guru dalam Undang-undangan guru
Persatuan Guru Republik Indonesia menyadari bahwa pendidikan adalah merupakan suatu bidang pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bangsa dan tanah air serta kemanusiaan pada umumnya. Guru Indonesia yang berjiwa pancasila dan setia pada undang-undang dasar 1945, turut bartanggung jawab atas terwuudnya cita –cita proklamasi kemerdekaan republic Indonesia 17 agustus 1945. oleh sebab itu. Guru Indonesia terpanggil untuk menunaikan karyanya dengan memedomani dasar-dasar sebagai berikut:
a) Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila.
b) Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran professional.
c) Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan.
d) Guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar-mengajar.
e) Guru memelihara hubungan baik dengan orang tua murid dan masyarakat sekitarnya untuk membina peran serta dan rasa tanggung jawab bersama terhadap pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar