Sabtu, 09 April 2011

Analisis Struktural semiotik Novel Harimau-Harimau

Konsep Saussure
* Bahasa berupa sistem tanda yang mewakili sesuatu yang lain yang disebut makna. bahasa sebagai sitem tanda tersebut mewakili dua unsur (Diadik) yang tak terpisahkan: Signifier dan signified, signifiant dan signifie, atau penanda dan petanda.

* Penanda : Harimau
* Petanda  : dilambangkan sebagai sifat pribadi manusia yang harus dikendalikan atau dikalahkan oleh diri sendiri( mengendalikan emosi) karenah disana terdapat sifat-sifat buruk, serakah, suka berbuat maksiat, dzalim, melanggar norma kesopanan dan agama.

* Penanda  : Hitam
* Petanda   : tanda sebuah warna, terdapat pada salah satu tokoh dalam novel harimau-harimau "Hitam" mempunyai sifat yang tidak baik (kejam terhadap istri sendiri, mementingkan diri sendiri sebagai contoh tokoh Hitam dalam novel tersebut menikahi gadis yang jauh muda darinya demi untuk mempertahankan kesaktiannya) karakter itu terdapat pada diri Wak Katok.


* Penanda  : Ular
* Petanda   : Membawakan isyarat bahwa ada sesuatu yang janggalyang akan terjadi, terdapat pada cerita (Pak Haji yang akan dipatuk oleh seekor ular tetapi diselamatkan oleh Buyung yang menghindarkan Pak Haji dari ular tersebut) tetapi akhirnya dalam peristiwa dilain hari Haji tidak bisa selamat karena Pak Haji mati karena ditembak rekannya sendiri Wak Katok.

* Penanda : Burung Gagak
* Petanda  : Melambangkan akan adanya bencana besar atau kematian. dapat dilihat pada cerita ini ketika Buyung cs akan meninggalkan rumah Pak Hitam, melintas burung gagak diatas mereka, dan itu sebagai tanda bahwa akan ada rintangan dalam perjalanan pulang mereka. dihutan mereka dimangsa oleh Harimau, dan yang tersisa dari ketujuh orang tersebut hanya ada 3 orang yang selamat.


1 komentar:

  1. thanks sob, bisa bantu tgs B.indo saya nih. Kunjung Balik yah di http://sultanmaulana.blogspot.com

    BalasHapus