- Fokus pembelajaran: bahasa sebagai alat komunikatif.
- Pemilihan Abutir kebahasaan: berdasarkan kebuthan pembelajar.
- Pengurutan butir kebahasaan: berdasarkan latar yang lain.
- Lingkup: hanya yang diingingkan dan dianggap penting oleh pembelajar.
- Pandangan tentang bahasa: dalam berbagai komunikasi variasi yang ditentukan konteks komunikasi.
- Tipe bahasa yang digunakan: bahasa sehari-hari.
- Ukuran keberhasilan: dapat berkomunikasi secara efektif dalam konteks.
- Keterampilan bahasa yang diinginkan: bahasa untuk komunikasi lesan.
- Peran guru/siswa: peran siswa lebih dominan dari pada peran guru.
- Sikap tehadap kesalahan: dipahami sebagai hal yang manusiawi dapat diambil sebagai pelajaran , belajar dari kesalahan.
- kemiripan dengan pembelajaran bahasa alamiah: mirip dengan proses.
Konsep pembelajaran komunikatif
- Berlandas pada pemikiran bahwa kemampuan menggunakan bahasa dalam berkomunikasi merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa.
- Canala & Swain:, kompetensi komunikasi berdimensi majemuk, karena didalamnya terdapat kompetensi gramatikal, sosiolinguistik, wacana dan strategi.
- Kompetensi gramatikal mengacu pada kompetensi linguistik yang mancakup tata bentuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar