Rabu, 11 Mei 2011

Ciri-ciri Pendekatan Komunikatif

  1. Fokus pembelajaran: bahasa sebagai alat komunikatif.
  2. Pemilihan Abutir kebahasaan: berdasarkan kebuthan pembelajar.
  3. Pengurutan butir kebahasaan: berdasarkan latar yang lain.
  4. Lingkup: hanya yang diingingkan dan dianggap penting oleh pembelajar.
  5. Pandangan tentang bahasa: dalam berbagai komunikasi variasi yang ditentukan konteks komunikasi.
  6. Tipe bahasa yang digunakan: bahasa sehari-hari.
  7. Ukuran keberhasilan: dapat berkomunikasi secara efektif dalam konteks.
  8. Keterampilan bahasa yang diinginkan: bahasa untuk komunikasi lesan.
  9. Peran guru/siswa: peran siswa lebih dominan dari pada peran guru.
  10. Sikap tehadap kesalahan: dipahami sebagai hal yang manusiawi dapat diambil sebagai pelajaran , belajar dari kesalahan.
  11. kemiripan dengan pembelajaran bahasa alamiah: mirip dengan proses. 


Konsep pembelajaran komunikatif
  • Berlandas pada pemikiran bahwa kemampuan menggunakan bahasa dalam berkomunikasi merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa.
  • Canala & Swain:, kompetensi komunikasi berdimensi majemuk, karena didalamnya terdapat kompetensi gramatikal, sosiolinguistik, wacana dan strategi.
  • Kompetensi gramatikal mengacu pada kompetensi linguistik yang mancakup tata bentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar